Monday, March 16, 2009

Buah dari Komunikasi yang Baik

Menjelang Pemilu masih ada satu pelatihan penting bagi Panitia Pengembangan Sekolah sebelum Dana Hibah untuk sekolah diturunkan. Pelatihan Pengelolaan Dana Hibah akan dilaksanakan untuk 3 (tiga) gugus sekolah di Kabupaten Aceh Utara. Ketika kami sudah siap untuk turun ke lapangan, tiba-tiba ada pemberitahuan dari Polres Bireuen bahwa mulai besok (17 Maret 2009) tidak diijinkan melakukan kegiatan yang melibatkan orang banyak, termasuk pelatihan atau pertemuan apapun. Tentu saja kami kaget. Kalau pelatihan harus diundurkan sampai setelah selesai Pemilu (tanggal 9 April) maka otomatis seluruh kegiatan lainnya harus juga diundurkan. Padahal batas waktu untuk program CEPA sudah semakin dekat.

Kami langsung kontak dengan seluruh Koordinator Gugus dan meminta mereka melakukan konfirmasi ke Polsek di masing-masing kecamatan, apakah kami masih diijinkan melakukan pelatihan untuk masyarakat sejak tanggal 17 Maret sampai dengan tanggal 27 Maret (4 gelombang). Alhamdulillah, informasi dari ketiga gugus di Baktiya, Muara Batu dan Paya Bakong menyatakan bahwa Polsek mengijinkan kami tetap melakukan pelatihan untuk masyarakat. Menurut Polsek, mereka percaya pelatihan ini penting dan mereka senang karena selama ini CEPA selalu memberitahukan seluruh kegiatan pelatihan kepada Polsek. Alhamdulillah, inilah buah dari komunikasi yang selama ini telah dijalin dengan baik. Terima kasih tim gugus. Terima kasih Polsek dan jajaran Muspika lainnya.

Untuk kegiatan di Bireuen, kami hanya dapat melakukan pelatihan internal untuk staf. Pelatihan yang melibatkan masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya terpaksa diundurkan ke pertengahan April. Pelatihan untuk staf akan dilaksanakan di kantor secara bertahap. Mudah-mudahan pengunduran kegiatan pelatihan untuk stakeholder tidak terlalu berdampak pada bergesernya work plan kami.

No comments: