Sunday, March 15, 2009

Surat untuk Chloe Oliver dan Irfani Darma


(Perpisahan dengan Chloe Olliver - Team Leader CEPA lama dan penerimaan pak Irfani Darma - Team Leader CEPA yang baru)

Ibu Chloe yang kami cintai,
Ketika kami mendengar bahwa Ibu akan mengakhiri kerja di CEPA
Dan berniat untuk kembali ke Australia…. Rasanya kami tak dapat berkata apa-apa.
Memang tak akan ada kata yang tepat untuk diucapkan, walau kami tak ingin kehilangan ibu. Ibu sudah cukup lama bersama kami, menjalani saat-saat sulit di awal program.
Sudah diterima dengan sangat baik oleh semua kalangan di kabupaten dan daerah binaan. Senantiasa berdiri bersama kami ketika menghadapi kesulitan dan tantangan dalam perjalanan program. Tapi kami juga sadar sepenuhnya … Ibu Chloe juga memiliki hak untuk meraih hal lain yang mungkin sudah direncanakan. Kami dengar salah satu alasan ibu adalah karena ibu Chloe sangat merindukan berada kembali di tengah keluarga dan teman, setelah 2 tahun berada jauh dari mereka….. kami dapat merasakan itu Ibu! Dan kami dapat memahami…, walau sebenarnya kami tak ingin ibu pergi.

Dear ibu Chloe,
Selama 2 tahun ibu membimbing dan menemani kami
Mengerjakan pekerjaan yang selalu saya sebut sebagai “mulia… tetapi seperti mission impossible”. Mulia.... tetapi sungguh tak mudah untuk dicapai dan berhasil dengan baik. Tetapi dengan ketekunan, kesabaran, dan ketegasan; dengan selalu membangkitkan semangat dan menerapkan disiplin; dengan kepercayaan akan kemampuan kami untuk mencapai keberhasilan; dengan senantiasa menjalin hubungan kepercayaan dengan masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya; Ibu telah membuat kami berusaha melakukan yang terbaik bagi masyarakat pendidikan di Aceh ini

Ibu Chloe,
Sebagai manusia, tentu kami tak luput dari kekurangan dan kesalahan.
Mungkin… tak jarang kami membuat Ibu kesal atau kecewa. Ini saatnya kami meminta maaf.

Banyak hal manis yang akan kami kenang tentang ibu.
Kegemaran ibu akan durian, dan kegembiraan yang kita alami saat makan durian bersama seluruh staf, tidak akan kami lupakan. Kata-kata yang biasa ibu ucapkan untuk menghargai kami, “fantastic! Excellent! Champion!” , bukan hanya akan selalu terngiang di telinga kami, tetapi juga akan selalu menjadi pemacu semangat dan kepercayaan diri kami. Ibu juga telah mengingatkan kami tentang pentingnya memelihara lingkungan. Matikan AC dan listrik kalau tidak diperlukan, gunakan kertas bekas dan kayu bekas, dll. Ketika banyak staf kami masih manja dengan memilih kendaraan yang akan kami pakai, Ibu bahkan tak enggan menggunakan sepeda untuk menghadiri rapat di kantor bupati.

Sungguh, masih banyak yang perlu kami pelajari dari Ibu. Tapi, bagaimanapun Ibu sudah memilih untuk kembali ke Australia. Selamat jalan Ibu Chloe

Thanks for all that you did,
And the way that you did it
Thanks for being our team leader and friend,
Encouraging our efforts
As you made us do our best.
We will miss you

Semoga ibu selalu mendapatkan yang terbaik, dan berada dalam lindunganNya. Wish you find your soul mate immediately and live happily ever after.
Wish you all the best, God bless you! And thank you!!!

Kepada pak Irfani, Team Leader kami yang baru….
Selamat datang….. semoga Bapak dapat memahami kami semua. Kami yakin bapak bisa menjadi bagian dari keluarga CEPA, seperti juga ibu Chloe dan seluruh stakeholder melihat CEPA sebagai satu keluarga, yang bercita-cita melakukan perubahan dalam dunia pendidikan.

Semoga kita dapat bekerjasama dengan baik …. Insya Allah …..




\

No comments: